Langkah Sederhana Mengupgrade Komputer yang Wajib Diketahui

Mengupgrade Komputer

Dalam mengupgrade komputer, Anda harus melakukannya dengan langkah-langkah yang tepat. Melakukan upgrade terhadap perangkat komputer sudah menjadi suatu keharusan.

Bahkan untuk sebagian pengguna PC, melakukan upgrade menjadi salah satu ritual yang wajib dijalankan. Upgrade PC perlu Anda lakukan untuk meningkatkan sistem dan kinerja perangkat tersebut.

Anda bisa melakukan upgrade PC dengan menambahkan perangkat keras yang lebih seru dan lebih bertenaga dari sebelumnya. Alhasil, performa dari perangkat komputer juga akan semakin baik.

Jika Anda Tertarik Dengan Info Teknologi Lainnya, Kami Mempunyai Ulasan Tentang Rekomendasi Kartu Grafis Terbaik

Lakukan Langkah Mengupgrade Komputer yang Benar Berikut Ini!

Sebagai pengguna komputer, Anda wajib melakukan pembaruan atau upgrade. Melakukan upgrade pada perangkat komputer sangat diperlukan agar performanya lebih baik.

Selain itu, upgrade yang dilakukan juga akan membuat komputer terus update dan bisa tetap Anda gunakan dalam waktu yang lama. Anda bisa melakukan upgrade sendiri, namun tidak boleh sembarangan. Berikut ini langkah-langkah sederhana yang harus Anda lakukan saat upgrade PC.

Memperhatikan Power Supply

Power supply atau catu daya (PSU) merupakan perangkat yang berguna untuk mengalirkan listrik ke berbagai komponen PC. Komponen ini berada di atas atau bawah, tergantung casing PC Anda sendiri.

PSU menjadi gerbang awal untuk masuknya aliran listrik sehingga tidak boleh bermasalah. Untuk melihatnya apakah dibutuhkan atau tidak, Anda harus melihat daya pada PSU. Jika masih sekitar 400W, sebaiknya ganti yang lebih besar karena upgrade PC akan membutuhkan daya listrik yang lebih banyak.

Menyesuaikan dengan Jenis Motherboard

Motherboard PC merupakan sebuah papan utama dengan banyak komponen kecil yang di dalamnya terdapat RAM, VGA, pendingin, ruang penyimpanan, hingga prosesor. Itulah sebabnya, Anda harus menyesuaikan motherboard ketika mengupgrade komputer.

Upgrade RAM dan Kipas Jadi yang Paling Mudah

Anda bisa melakukan upgrade dari hal yang paling mudah, yaitu RAM. Setelah mengetahui jenis dan tipe motherboard, Anda bisa langsung menambahkan RAM sesuai slot bawaan. Jika motherboard memiliki dua slot RAM dengan memori maksimal 16 GB, maka Anda bisa membuatnya menjadi maksimal dalam format 2×8 GB.

Jangan lupa juga memperhatikan jenis kecepatan RAM. Untuk kipas sendiri, Anda bisa menambahkan jika PC menggunakan dua atau tiga kipas. Kipas depan casing idealnya memasukkan udara segar dan bagian belakang untuk mengeluarkan hawa panas.

Upgrade Grafik Jika Dana Terbatas

Ketika Anda mengupgrade komputer dengan dana terbatas, maka sebaiknya difokuskan pada pembaruan VGA atau kartu grafik. Apalagi jika selama ini VGA yang Anda gunakan termasuk kelas low-end atau bahkan onboard.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa kemampuan VGA baru jangan sampai bottleneck dengan kinerja prosesor. Jika prosesor masih tipe lawas, sebaiknya upgrade VGA maksimal hingga level menengah, jangan nekat membeli kartu grafik kelas atas.

Jangan Lupa Upgrade Software dan Drive

Jika semua komponen telah terpasang dengan benar, maka Anda harus melakukan uji coba pada update software. Jika memang sudah benar, seharusnya software dan drive akan terinstal dengan baik.

Ada baiknya untuk Anda juga mengganti sistem operasi ketika akan upgrade software akan mendapatkan pengalaman digital yang lebih kompleks. Untuk Windows sendiri, kini versi terbarunya sudah sampai Windows 11. Meski demikian, Anda masih bisa menggunakan Windows 10 karena memang performanya yang masih bagus.

Itulah langkah-langkah dalam mengupgrade komputer yang bisa Anda lakukan. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan agar proses upgrade dapat berjalan dengan lancar dan menambah performa dari perangkat komputer menjadi lebih baik.

Jika Anda Ingin Mengetahui Info Software Menarik Lainnya, Kami Mempunyai Ulasan Tentang Keuntungan Bekerja Sebagai Ai Engineer