Hp Vivo Bootloop Ternyata Ada Cara Mudah Memperbaikinya

vivo bootloop

Hp Vivo adalah salah satu merek smartphone yang populer di Indonesia. Namun, seperti halnya dengan merek smartphone lainnya, terkadang pengguna hp Vivo mengalami masalah seperti bootloop. Bootloop terjadi ketika hp tidak bisa booting dan terus-menerus memulai ulang. Hal ini tentu sangat mengganggu karena membuat hp tidak dapat digunakan seperti biasa. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara untuk memperbaiki hp Vivo bootloop.

4 Tips Cara Memperbaiki Vivo Bootloop

1. Lakukan Hard Reset

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk memperbaiki hp Vivo bootloop adalah dengan melakukan hard reset. Caranya adalah dengan menekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul tampilan menu recovery. Kemudian pilih opsi “Wipe Data/Factory Reset” dan tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, pilih opsi “Reboot System Now” untuk memulai ulang hp Anda.

2. Gunakan Aplikasi Reboot

Jika hard reset tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi reboot seperti “Quick Reboot” yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Aplikasi ini dapat membantu memperbaiki hp Vivo bootloop dengan menghentikan proses booting yang salah. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, jalankan dan pilih opsi “Bootloop Fix” untuk memperbaiki hp Anda.

Baca Ulasan Install Visual Studio Code di Windows Perlu Ini Sebelum Memulai?

3. Gunakan Firmware Resmi

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba memperbaiki hp Vivo bootloop dengan menggunakan firmware resmi. Firmware resmi merupakan file yang berisi sistem operasi yang digunakan pada hp. Anda dapat mengunduh firmware resmi untuk hp Vivo Anda melalui situs resmi Vivo atau situs-situs lain yang menyediakan firmware resmi untuk hp Vivo.

Setelah mengunduh firmware resmi, ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaiki hp Vivo bootloop:

  • Ekstrak file firmware yang telah Anda unduh.
  • Matikan hp Anda dan masuk ke mode download dengan menekan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul tampilan mode download.
  • Sambungkan hp Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Buka program flashing seperti QFIL atau SP Flash Tool pada komputer Anda.
  • Pilih firmware yang telah Anda ekstrak tadi pada program flashing dan ikuti petunjuk selanjutnya pada program flashing tersebut.
  • Tunggu hingga proses flashing selesai dan cabut hp Anda dari komputer.
  • Nyalakan hp Anda dan tunggu hingga proses booting selesai.

4. Bawa ke Service Center

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka solusi terakhir adalah membawa hp Vivo Anda ke service center. Service center dapat membantu memperbaiki hp Vivo bootloop dengan lebih profesional dan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan efektif. Pastikan untuk membawa hp Anda ke service center resmi Vivo untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Baca Ulasan Tips & Trik Memanfaatkan Promo Kuota Internet Murah dengan Bijak

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki hp Vivo bootloop. Sebelum mencoba cara-cara di atas, pastikan untuk melakukan backup data Anda terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data yang penting. Selain itu, pastikan juga untuk mengikuti petunjuk dengan benar dan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada hp Vivo Anda. Ingatlah bahwa memperbaiki hp bootloop dapat memakan waktu dan mungkin membutuhkan beberapa percobaan. Namun, dengan sabar dan teliti, Anda dapat memperbaiki hp Vivo dengan berhasil. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari service center jika Anda merasa kesulitan atau tidak yakin dalam melakukan perbaikan hp Vivo bootloop.